Terkesan dengan Profesionalitas Kaum Sarungan

Pertengahan Juni 2019 yang lalu Koperasi BMT Maslahah mendapat kunjungan dari Ning Fatin Fadhilah Hasib, SE, M.Si, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. Kedatangannya untuk melakukan penelitian tentang keunggulan kompetitif yang sustainable (sustainable competitive adventage) Koperasi BMT Maslahah. Meski belum bersedia temuan hasil penelitiannya, dia sangat berkesan dengan profesionalitas kaum sarungan di BMT Maslahah. Berikut petikan wawancara dengannya:

Mengapa memilih Koperasi BMT Maslahah untuk penelitian?

Karena menurut data yang saya dapat dari Dinkop Provinsi Jatim, BMT Maslahah telah berdiri lebih dari  10 tahun memiliki dan cabang terbanyak di Jawa Timur.

Apa hubungan BMT Maslahah dengan tema penelitian?

Topik penelitian saya adalah Sustainable Competitive Advantage pada BMT Di Jawa Timur. Jadi saya mencari apa saja faktor-faktor keunggulan kompetitif  yang sustain pada BMT di Jawa Timur. Oleh sebab itu saya meneliti BMT yang berdiri lebih dari 10 tahun dan memiliki kriteria tertentu.

Apa temuan menarik Anda setelah mengadakan penelitian?

Hingga saat ini saya belum dapat menyimpulkan temuan, dikarenakan saya belum selesai mengumpulkan data dari BMT yang lain dan dari akademisi.

Bagaimana kesan Anda terhadap BMT Maslahah pada khususnya dan perkembabangan koperasi syariah serta islamic micro finance di Sidogiri?

Saya sangat terkesan dengan profesionalitas kaum bersarung yang ditampakkan oleh BMT Maslahah. Selain itu, walaupun SDM dan manajemennya profesional, namun value kepesantrenan (akhlak santri dan guru, tawadhu’, ibadah lain seperti sholat sunnah, istighotsah, ziarah maqom, dll) tetap dijaga. Menurut saya BMT menerapkan karekteristik Rasullullah dalam bisnis (siddiq, amanah, fathonah, tabligh, istiqomah), bahkan lebih dari itu. Sumber foto: https://twitter.com/tv9nusantara

Post Your Comment Here

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.