M A S L A H A H
Ditulis : 13 Januari 2020

Terima Kasih Kami ucapkan untuk Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur atas Terselenggarakanya Workshop Bedah Koperasi ini yang pertama kalinya di BMT Maslahah Sidogiri Jawa Timur. Beragam manfaat yang kami dapatkan dalam kesempatan ini, yang mana akan menjadi Motivasi bagi kami Koperasi BMT Maslahah Sidogiri Pasuruan Jawa Timur menjadi Koperasi Syariah terbaik dan maju dalam segala bidang.

 

Saat ini, kata Dr. Mas Purnomo Kepala Dinas Koperasi dan UKM jawa timur, konsumen di Indonesia dan Asia Pasifik sudah sangat mendukung berkembangnya pasar digital. Pelaku KUMKM bisa menjual barang dan jasa dari mana saja, tanpa <em>market place</em><em>.</em>

Sehingga, KUMKM kian kompetitif. Artinya, para pelaku usaha akan berjibaku secara global dalam menarik kepercayaan konsumen dengan berbagai terobosan dan inovasi.

"Ada produk- produk unggulan dari berbagai daerah. Inshaa Allah Jawa Timur banyak produk unggul," katanya.

Ia meminta  semua <em>stakeholder</em> menunjukkan atensinya untuk KUMKM di negeri ini. Supaya bisa terus eksis dan naik kelas. Maka KUMKM perlu juga mendapatkan sentuhan fasilitasi berbagai program yang dapat disinergikan bersama.

Beliau juga mengatakan bahwa sesuai program pemerintah yakni UMKM <em>go online</em>. Para pelaku KUMKM harus melek IT dan memanfaatkannya demi menaikkan levelnya menjadi usaha besar.

&nbsp;

Semoga dengan Tindak lanjut dari rekomendasi dan masukan-masukan serta arahan dari Dinas Koperasi dan UKM dapat memberikan dampak yang lebih baik untuk Kemajuan dan Manfaat dari Koperasi BMT Maslahah Sidogiri Pasuruan Jawa Timur yang lebih besar lagi kedepanya.. Amin…