M A S L A H A H
Ditulis : 13 November 2019

PERANAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Perekonomian merupakan tolak ukur suatu negara bisa dikatagorikan maju, makmur dan di segani negara lain, ekonomi negara kita pernah menerapkan sistem ekonomi liberal ( kapitalis ) pada tahun 1950-an namun sistem itu tidak berjalan lama karena kelemahan dari sistem kapital itu sendiri yang menindas kaum lemah.

Negara indonesia adalah negara yang mayoritas beragama islam namun sumber daya manusia masih relatif minim sehingga perekonomian indonesia banyak di kelola oleh negara asing dan sistemnya pun menggunakan sistem liberal yang merugikan pada rakyat kecil.

Perekonomian itu perannya sangatlah besar terhadap maju dan terpuruknya suatu negara, begitu juga dengan agama islam yang ada di indonesia yang selalu di perangi oleh non islam. perang bukan hanya di artikan perang fisik tapi bisa diartikan perang iman dan akidah seperti yang terjadi di negara indonesia ini karena non muslim sudah yakin kalau perang fisik mereka akan kalah maka melalui ekonominya lah mereka memerangi orang-orang islam, ketika ekonominya lemah disitulah mereka memberi tawaran untuk ikut pada agama mereka dengan memberi fasilitas dan pekerjaan yang di utuhkan oleh orang-orang islam.

pada era kejayaan kerajaan islam di andalusia sepanyol bermula dari thariq bin ziyad menguasai sepanyol sampai dinasti umayah II menjadi penguasa tunggal di andalusia 80% penduduknya islam tapi kenapa sekarang di kuasai oleh orang kristen itu tidak lain karena perpecahan dan ekonomi akhirnya mereka saling berebut kekuasaan dan jabatan. Di antara mereka ada yang berperan sebagai mata-mata Kristen dengan iming-iming imbalan kekayaan, tanah, dan kekuasaan. Itulah akhir dari peradaban Islam di Spanyol yang telah berlangsung lebih dari tujuh abad lamanya. Cahaya Islam menghilang dari daratan tersebut dengan terusir dan tewasnya umat Islam di sana, kemudian diganti dengan pendatang-pendatang Kristen yang menempati wilayah tersebut.

Oleh: Syamsul Maarif