M A S L A H A H
Ditulis : 17 Januari 2020

Rapat Anggota Jaring Aspirasi (Jaras) 2019 Koperasi BMT MASLAHAH putaran terakhir di Pasuruan dilaksanakan tanggal Jumat 11 Oktober 2019 dan Jumat 18 Oktober 2019. Pelaksanaannya di tempatkan di area parkir PT. Berkah Maslahah Trans, Sungi Kulon, Pohjentrek, Pasuruan. Untuk pelaksanaan tanggal 11 Oktober 2019, dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi pagi dimulai pada pukul 08.30 WIB dan sesi siang dimulai pukul 13.45 WIB.

Pada sesi siang acara dimulai dengan pembacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW lalu dilanjutkan dengan Penjelasan Pengurus yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengurus Koperasi BMT MASLAHAH HM. Dumairi Nor. Pada kesempatan tersebut, HM. Dumairi Nor menyampaikan kinerja keuangan Koperasi BMT MASLAHAH sampai dengan September 2019 dibandingkan dengan September 2018.

“Indikator dan pertumbuhan keuangannya Tahun Buku 2019 ini lebih baik dibandingkan dengan Tahun Buku 2018 baik dari segi omset, asset, SHU maupun Simpanan Anggota. Rata-rata mengalami kenaikan yang signifikan. Pada Tahun Buku 2019 omset naik 23,5 %, asset naik 14,1 %, SHU naik 32,3 % dan Simpanan Anggota naik 8,7 %,” jelasnya.

Setelah Penjelasan Pengurus acara Jaras 2019 di Pasuruan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab, M. Nidom Anggota dari Karang Nongko Wonorejo, memberikan masukan terkait dengan fitur Maslahah Mobile yang masih perlu diberi keterangan transaksi. Selain itu, dia mengharapkan adanya sinergi antara biro jasa umrah UGT Mas Tour & Travel dengan biro umrah 1455 yang dikelola oleh Ikatan Alumni Santri Sidogiri.

Anggota lainnya yang bernama Abd. Rozak dari Wonorejo mengusulkan agar Koperasi BMT MASLAHAH membentuk tim cyber crime (kejahatan dunia maya) sebagai antisipasi adanya kejahatan dunia maya bagi Anggota. Anggota terakhir yang memberi usul adalah M. Thoatul Amin dari Rembang yang mengharapkan agar biro perjalanan umrah yang dikelola oleh Koperasi BMT MASLAHAH menyediakan tim medis untuk mengantisipasi jamaah yang mengalami gangguan kesehatan selama melaksanakan ibadah umrah.

Sesi tanya jawab dipungkasi dengan penyampaian H. Mokh. Syaiful Bakhri selaku Pengawas 3 Koperasi BMT MASLAHAH yang memberikan apresasi atas capaian kinerja keungan tahun buku 2019 yang lebih baik dibandingkan dengan tahun buku 2018. “Kita perlu memberikan apresiasi atas kinerja pengurus, direksi dan karyawan sehingga capaian keungan sampai dengan September 2019 lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Harapannya, SHU Tahun Buku 2019 yang akan diterima oleh anggota akan lebih baik dari SHU Tahun Buku 2018,” paparnya.

Selain itu, H. Mokh. Syaiful Bakhri mengharapkan kepada para Anggota Koperasi BMT MASLAHAH untuk aktif bukan hanya menabung saja tapi juga aktif meminjam atau mengajukan pembiayaan. “Bagi Anggota yang meminjam dapat kemudahan. Dengan menyerahkan agunan berupa Sertifikat Simpanan Anggota, maka anggota mendapatkan pembiayaan sampai 90% dari nilai Sertifikat Simpanan Anggotanya,” pungkasnya.

Penulis: Mokh. Syaiful Bakhri

Editor: Muhammad Mujib