M A S L A H A H
Ditulis : 09 Mei 2021

Ketua Pengurus Koperasi BMT Maslahah HM. Khudlori Abd. Karim menyampaikan bahwa ada tiga resep  supaya koperasi bisa dipercaya oleh masyarakat. “Ada tiga resep supaya koperasi bisa dipercaya oleh masyarakat yaitu moralitas karyawan, ikon gedung atau bangunan kantornya yang mapan dan likuiditas atau ketersediaan dana yang terjaga,” paparnya saat memberikan pengarahan buka puasa bersama karyawan kantor pusat  Sabtu (8/5/2021) di mushalla kantor pusat Koperasi BMT Maslahah yang juga dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, Dewan Pengawas Syariah, dan jajaran Direksi.

Menurutnya, moralitas karyawan itu sangat penting untuk dijaga. Karyawan yang bermoral akan menjaga kepercayaan Anggota dan masyarakat kepadanya sehingga tidak akan berani melakukan perbuatan yang menyimpang seperti melakukan penyelewengan atau penggelapan (fraud) maupun mencuri dana milik koperasi. Saya mengutip dawuh salah seorang masyayikh yang berpesan: “Kalian semua ini santri, kalian semua ini santri, kalian semua ini santri, maka jagalah akhlak santri. Jangan sampai melakukan perbuatan yang tidak bermoral. Jangan sampai santri menjadi pencuri yang nantinya akan menyakiti hati para masyayikh,” katanya mengutip salah satu dawuh masyayikh.

Keadaan kantor atau bangunan milik koperasi juga akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat. “Apabila bangunan kantor koperasi itu mapan, bagus dan megah, akan menambah kepercayaan Anggota atau masyarakat terhadap koperasi,” katanya HM. Khudlori Abd. Karim.

Kemudian keadaan keuangan koperasi juga menentukan kepercayaan Anggota dan masyarakat. “Apabila likuditas koperasi itu terjaga dan Anggota bisa menarik dananya kapan saja dengan mudah, maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan Anggota dan masyarakat terhadap koperasi. Sekali saja Anggota mendapatkan kesulitan atau dipersulit untuk menarik dananya, maka hilanglah kepercayaannya terhadap koperasi,” ujarnya.

Untuk itu, HM. Khudlori Abd. Karim berpesan kepada seluruh karyawan Koperasi BMT Maslahah untuk memperhatikan dan menjaga tiga faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap koperasi. “Jadilah karyawan yang bermoral, bangun image gedung kantor yang mapan dan jaga likuiditas supaya kepercayaan Anggota dan masyarakat tetap meningkat,” pesannya.

Penulis: Mokh. Syaiful Bakhri

Editor: Muhammad Mujib