Ketua
Pengurus Koperasi BMT Maslahah HM. Khudlori Abd. Karim menyampaikan bahwa ada
tiga resep supaya koperasi bisa
dipercaya oleh masyarakat. “Ada tiga resep supaya koperasi bisa dipercaya oleh
masyarakat yaitu moralitas karyawan, ikon gedung atau bangunan kantornya yang
mapan dan likuiditas atau ketersediaan dana yang terjaga,†paparnya saat
memberikan pengarahan buka puasa bersama karyawan kantor pusat Sabtu (8/5/2021) di mushalla kantor pusat
Koperasi BMT Maslahah yang juga dihadiri oleh Pengurus, Pengawas, Dewan
Pengawas Syariah, dan jajaran Direksi.
Menurutnya,
moralitas karyawan itu sangat penting untuk dijaga. Karyawan yang bermoral akan
menjaga kepercayaan Anggota dan masyarakat kepadanya sehingga tidak akan berani
melakukan perbuatan yang menyimpang seperti melakukan penyelewengan atau penggelapan
(fraud) maupun mencuri dana milik
koperasi. Saya mengutip dawuh salah seorang masyayikh yang berpesan: “Kalian
semua ini santri, kalian semua ini santri, kalian semua ini santri, maka
jagalah akhlak santri. Jangan sampai melakukan perbuatan yang tidak bermoral.
Jangan sampai santri menjadi pencuri yang nantinya akan menyakiti hati para
masyayikh,†katanya mengutip salah satu dawuh masyayikh.
Keadaan
kantor atau bangunan milik koperasi juga akan mempengaruhi kepercayaan
masyarakat. “Apabila bangunan kantor koperasi itu mapan, bagus dan megah, akan
menambah kepercayaan Anggota atau masyarakat terhadap koperasi,†katanya HM.
Khudlori Abd. Karim.
Kemudian
keadaan keuangan koperasi juga menentukan kepercayaan Anggota dan masyarakat. “Apabila
likuditas koperasi itu terjaga dan Anggota bisa menarik dananya kapan saja
dengan mudah, maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan Anggota dan
masyarakat terhadap koperasi. Sekali saja Anggota mendapatkan kesulitan atau
dipersulit untuk menarik dananya, maka hilanglah kepercayaannya terhadap koperasi,â€
ujarnya.
Untuk itu, HM.
Khudlori Abd. Karim berpesan kepada seluruh karyawan Koperasi BMT Maslahah
untuk memperhatikan dan menjaga tiga faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan
masyarakat terhadap koperasi. “Jadilah karyawan yang bermoral, bangun image gedung
kantor yang mapan dan jaga likuiditas supaya kepercayaan Anggota dan masyarakat
tetap meningkat,†pesannya.
Penulis:
Mokh. Syaiful Bakhri
Editor:
Muhammad Mujib