M A S L A H A H
Ditulis : 12 Juni 2021

Cari Celah dan Ciptakan Terobosan

Wakil  Ketua Pengurus KOPERASI BMT MASLAHAH HM. Dumairi Nor menyampaikan kiat  supaya koperasi bisa tetap eksis, berkembang  dan tidak mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19. “Pada masa pandemi Covid-19 secara makro kondisi ekonomi sedang mengalami penurunan terutama pada sektor pariwisata, transportasi dan keuangan. Oleh karena itu, agar tetap eksis,  berkembang dan tidak terperosok dalam krisis ekonomi, cari celah dan ciptakan terobosan baru,” paparnya saat menyampaikan pengarahan pada acara halal bi halal dengan perwakilan pengurus  dan  karyawan se-Kabupaten Malang II Kamis (9/6/2021) di Pondok Pesantren Ar-Rahmah, Bantur Karangsari, Malang.

Selain  Wakil  Pengurus KOPERASI BMT MASLAHAH HM. Dumairi Nor pada acara halal bi halal di kantor cabang KOPERASI BMT MASLAHAH se-Kabupaten Malang II, juga dihadiri oleh perwakilan Pengawas H. Mokh. Syaiful Bakhri, Direktur SDI Abdul Hamid Sanusi dan Direktur Marketing M. Maftuhun Amin. Menurut HM. Dumairi Nor,”Bagaimana supaya koperasi tetap bisa memberikan SHU kepada Anggota, maka maka pengelolanya harus kreatif dalam menemukan celah baru sehingga dapat meningkatkan tabungan dan pembiayaan masyarakat. Selain itu, juga perlu menciptakan terobosan-terobosan baru sehingga Anggota dan masyarakat lebih percaya dalam menyimpan dananya dan memanfaatkan koperasi untuk menambah modal usahanya melalui berbagai macam produk pembiayaan,” jelasnya.

Tanpa kreativitas dalam mencari celah baru dan menciptakan terobosan, maka koperasi akan mengalami kesulitan dalam mencapai target untuk memberikan keuntungan bagi para Anggotanya. Selain itu, supaya koperasi dapat dipercaya dan makin jaya, maka para pengelolanya harus dapat  menjaga moralitasnya, ketersediaan dana likuiditas dan soliditas internal di antara para pengelolanya.

Bagaimana  keadaan likuiditas atau ketersediaan keuangan koperasi juga menentukan kejayaan koperasi dan kepercayaan Anggota dan masyarakat. “Apabila likuiditas koperasi itu terjaga dan Anggota bisa menarik dananya kapan saja dengan mudah, maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan Anggota dan masyarakat terhadap Koperasi. Sekali saja Anggota mendapatkan kesulitan atau dipersulit untuk menarik dananya, maka hilanglah kepercayaannya terhadap koperasi dan runtuhlah pondasi kejayaan suatu Koperasi. Karena itulah, sangat penting sekali untuk menjaga likuiditas dana Koperasi,” ujarnya.

Terkait dengan likuiditas koperasi, HM. Dumairi Nor menyampaikan bahwa saat ini KOPERASI BMT MASLAHAH sudah mandiri dalam hal likuiditasnya dan tidak lagi mengandalkan dana dari perbankan untuk memperkuat likuiditasnya. “KOPERASI BMT MASLAHAH sudah tidak lagi memiliki pembiayaan kepada pihak ketiga terutama kalangan perbankan. Ternyata, dengan tidak memiliki pembiayaan kepada kalangan perbankan, justru hal itu dapat meningkatkan respek, kepercayaan dan penghormatan kalangan perbankan kepada Koperasi,” jelasnya.    

 

Penulis: Mokh. Syaiful Bakhri