M A S L A H A H
Ditulis : 03 Maret 2022


Dalam istilah bahasa Jawa “sinten”, “pinten” dan “punten” mengandung filosofi yang luar biasa yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk melejitkan potensi diri dan pengembangan karir seorang karyawan sehingga dapat terus meningkat capaian prestasi dan kinerjanya dari waktu ke waktu di tempatnya bekerja.
“Seorang karyawan harus mampu menunjukkan jatidirinya sebagai seorang yang berkompeten di bidangnya, dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan makin meningkat prestasi kerjanya. Inilah yang dalam bahasa Jawa disebut dengan istilah sinten. Selain itu masih ada lagi yaitu pinten dan punten yang harus jadi pedoman bagi setiap karyawan agar karirnya terus meningkat.”
Demikian disampaikan oleh Ketua Pengurus KOPERASI BMT-MASLAHAH, HM. Dumairi Nor saat memberikan sambutan dalam acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dari HM. Khudlori Abd. Karim sebagai Ketua Pengurus Periode 2019-2022 kepada HM. Dumairi Nor Katua Pengurus Periode 2022-2025, Selasa (1/3/2022) di aula kantor pusat KOPERASI BMT-MASLAHAH, Pasuruan.
Apabila seorang karyawan, lanjutnya, mampu menunjukkan jatidirinya dengan baik, dapat menyelesaikan dengan baik tugas dan tanggungjawabnya serta prestasi kerjanya terus meningkat, maka dia layak untuk mendapatkan “pinten” yaitu bisyaroh atau gaji yang layak sesuai dengan kinerjanya. “Kalau seorang karyawan itu mampu menunjukkan kinerja yang baik, maka pinten-nya akan mengikuti dan datang dengan sendirinya,” papar HM. Dumairi Nor.  
Namun sebaliknya, bila seorang karyawan itu tidak dapat menunjukkan prestasi kerja dan justru makin lama kinerjanya makin menurun sehingga menjadi beban bagi perusahaan, maka karyawan tersebut akan dikeluarkan. “Pimpinan perusahaan akan menyampaikan punten tidak dapat meneruskan keberadaanya di perusahaan,” ungkapnya.
Untuk itu, sebagai Ketua Pengurus KOPERASI BMT-MASLAHAH HM. Dumairi Nor mengajak seluruh karyawan untuk bekerja dengan sebaik-baiknya. “Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, maka tutupilah kekurangan yang dimiliki dengan menunjukkan kinerja yang baik sehingga sinten kalian akan terlihat. Maka, Pengurus akan memberikan apresiasi kepada karyawan yang baik kinerja dan prestasinya dengan memberikan pinten yang layak dan dipromosikan untuk bisa menduduki jabatan yang lebih tinggi,” pungkasnya.    
Penulis: Mokh. Syaiful Bakhri
Editor: Abdul Kholiq