M A S L A H A H
Ditulis : 23 September 2021

Tiga Koperasi yang ada di Sidogiri yaitu Kopontren Sidogiri (berdiri 1963), Koperasi BMT Maslahah (berdiri 1997) dan Koperasi BMT UGT Nusantara (berdiri 2000) merupakan koperasi yang dikelola oleh kaum tradisional atau santri. Hal itu dapat dilihat dari penampilan para pengelola koperasi saat bekerja: sarungan.  Namun jangan salah sangka, meski pengelolanya kaum sarungan, ketiga koperasi yang ada di Sidogiri itu dikelola secara modern.
Hal itu dapat dilihat dari layanannya yang sudah menggunakan teknologi informasi canggih termasuk financial technology atau fintech. “Wah hebat, koperasi sarungan bisa masuk ketegori modern,” kata Wakil Ketua Pengurus Koperasi BMT Maslahah, HM. Dumairi Nor.
HM. Dumairi Nor menyatakan hal itu saat menanggapi postingan kunjungan tim dari Kementrian Koperasi dan UKM ke Koperasi BMT Maslahah, Jumat (17/9/2021) dalam rangka visitasi calon koperasi modern. Tim dari Kementrian Koperasi dan UKM diterima oleh Sekretaris Pengurus Koperasi BMT Maslahah H. Muhammad Mujib dan Wakil Sekretaris Pengurus Koperasi BMT Maslahah Abdul Kholik.
Kopontren Sidogiri kini sudah memiliki emaal sebagai alat pembayaran digital. Keberadaan emaal ini sangat membantu wali santri yang akan mengirim uang pada anaknya di pondok. Para wali santri tidak perlu repot-repot datang ke pondok, mereka cukup mendatangi lebih dari 199 cabang-cabang toko Basmalah atau ke 101 kantor cabang Koperasi BMT Maslahah.

Koperasi BMT Maslahah sudah menjalin kerjasama dengan PT, Sidogiri Fintech Utama yang mengembangkan emaal. PT, Sidogiri Fintech Utama sendiri merupakan anak perusahaan Kopontren Sidogiri.
Keberadaan emaal ini selain memudahkan bagi wali santri,  juga bagi santri itu sendiri. Mereka tidak perlu bawa uang untuk membeli segala keperluannya di Toko Basmalah. Cukup gesek dengan kartu emaal mereka bisa memenuhi kebutuhannya di pondok. Apalagi saat ini untuk keperluan cuci baju (loundry), makan dan minum bagi santri, dan kebutuhan sehari-hari lainnya sudah disediakan dan layani oleh Kopontren Sidogiri.
Koperasi BMT Maslahah sudah memiliki layanan Maslahah Mobile. Melalui Maslahah Mobile para Anggota Koperasi BMT Maslahah dapat menikmati kemudahan berbagai transaksi melalui HP pintar (smartphone)  Android yang mereka miliki. Berbagai layanan seperti transfer antar rekening termasuk ke emaal, pembayaran rekening listrik dan telepon, pembayaran cicilan pembiayaan sampai donasi ke LAZ Sidogiri berada dalam genggaman Anggota.